Minggu, 14 Juli 2013

Margin Call

Margin Call


Margin Call
Margin call berarti likuidasi secara “paksa” yang dilakukan oleh broker karena account anda tak memiliki dana yang cukup untuk mengcover/menutupi posisi anda yang merugi.


 



Dasar untuk menentukan Margin Call biasanya ada 2 yaitu :

I.  Margin Level
Sistem margin level digunakan pada platform MetaTrader.
Misalnya broker menentukan Margin Call terjadi jika Margin Level 5%  , maka ketika Equity =  5% “Margin yang digunakan”    , margin call akan terjadi. Sehingga satu per satu posisi yang terbuka akan ditutup otomatis oleh broker hingga dana trader cukup untuk mengcover loss .
Rumus perhitungan margin level adalah :
Margin Level = Equity / Margin yang digunakan
Equity merupakan Balance anda setelah ditambah/dikurangi profit & loss berjalan .
Pada platform MetaTrader, seorang trader tak perlu menghitung Margin Level secara manual, karena bila ada open posisi otomatis Margin Level akan nampak pada Tab “Trade” dalam satuan persen (%). Yang perlu trader lakukan adalah menjaga agar Margin Level tidak mendekati batas Margin Call broker. (misalnya 5%)


 



II.  Modal awal – Margin – Loss = 0
Ada juga broker yang menentukan margin call bila Modal awal – Margin yang digunakan – Loss total = 0. Artinya akan terjadi margin call jika free margin anda benar – benar habis.
Misalnya : Anda deposit modal sebesar $500. Jika anda membuka 1 posisi trading GBP/USD sebesar 1 lot (100.000) dengan leverage 1:500 membutuhkan margin sebesar $200. Maka modal yang ditahan sementara sebagai jaminan (margin) untuk membuka 1 lot gbp/usd adalah $200.
Jadi sisa margin anda tersebut untuk menahan loss adalah : $500 – $200 = $300
Jika arah market berlawanan dengan prediksi anda , dan floating loss (rugi) anda mencapai $300 maka tak ada margin / dana tersisa untuk menahan loss, sehingga satu per satu posisi anda akan ditutup otomatis oleh broker. Kemudian margin $200 yang dilock sementara sebagai jaminan untuk open 1 posisi GBP/USD tersebut, akan kembali masuk ke account anda setelah posisi anda di close . Sehingga margin anda tersisa $200 saja .


forex logo (77) 


Dengan mengetahui tentang margin call ini saya harap sebelum melakukan transaksi anda sudah memperhitungkan berapa banyak yang akan ditransaksikan , dan berapa kerugian yang bisa tanggung , sehingga tidak sampai terjadi margin call.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar